468x60 ads




perkembangan IT di Indonesia

Perkembangan IT di Indonesia

Di era informasi siapa yg tak kenal dengan teknologi IT.  Saat ini anak kecil sekalipun telah memanfaatkan teknologi IT. Yah..memang tidak dapat dipungkiri lagi IT telah memasuki hampir di seluruh ruang lingkup manusia. Dalam 10 tahun terakhir saja IT di Indonesia telah benar-benar mengalami kemajuan yang pesat. Contoh gampangnya adalah komputerisasi di segala bidang. Jaman dulu, di dalam perusahaan, apa-apa slalu ditulis di atas kertas. Namun sekarang segala sesuatunya telah diinputkan data ke dalam komputer. Dengan terus berkembangnya teknologi IT di Indonesia, saya berharap negara ini dapat semakin maju..tentunya juga harus diimbangi dengan pengetahuan masyarakat yang mencukupi ttg IT itu sendiri.
Dalam pemikiran saya..sempat terpikir..bagaimana perkembangan IT ke depan di negara ini? Yah kalo qt berkaca dengan keadaan sekarang, tentunya akan sangat jauh lebih maju. Beberapa di bawah ini adalah yang mungkin akan terjadi dalam perkembangan IT di masa mendatang.
Bidang pendidikan
Menurut saya, kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
- Makin berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh.
- Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan
- Perpustakaan & instrumen pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak buku.
- Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan akan semakin sering untuk digunakan.
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya. Semua itu umum untuk dilakukan.
Bidang perusahaan
Di masa mendatang akan semakin jarang qt menemukan berkas dalam bentuk kertas. Di perusahaan akan menyimpan segal record kegiatannya di dalam sebuah komputer.
Bidang Keuangan dan Perbankan
Telah banyak orang yang memanfaatkan layanan perbankan modern. Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.
Pengembangan teknologi dan infrastruktur telematika di Indonesia akan sangat membantu pengembangan industri di sektor keuangan ini, seperti perluasan cakupan usaha dengan membuka cabang-cabang di daerah, serta pertukaran informasi antara sesama perusahaan asuransi, broker, industri perbankan, serta lembaga pembiayaan lainnya.
Bidang Pemerintahan
E-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet. Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Contoh penggunaan intranet, antar pegawai dan atasan dapat berhubungan melalui intranet. Untuk urusan keluar, seperti dengan client, atw untuk media promosi dapat menggunakan internet. Ke depannya peran IT di bidang pemerintahan akan semakin vital.
Dengan semakin berkembangnya peran IT maka perlu dituntut juga pemahaman yang dimiliki oleh para penduduk negara Indonesia tuk dapat terus mengikuti perkembangannya, agar qt tdk semakin tertinggal dengan negara lain.

0 komentar:

Posting Komentar